Langsung ke konten utama

KECERDASAN BUATAN DI BIDANG MILITER

Contoh Teknologi Kecerdasan Buatan Perusahaan/Pemerintahan

BIDANG MILITER
Hasil gambar untuk teknologi dalam bidang militer

Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Objek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.
Implementasi sistem pakar di bidang pertahanan militer. Bentuk implementasi system pakar di bidang ini antara lain pada radar. Fungsi radar secara umum ialah mendeteksi keberadaan benda di lingkungan dimana radar berada. Jarak jangkauan radar bermacam-macam. Semakin berkembangnya teknologi kemampuan radar semakin canggih. Radar saat ini dapat mendeteksi keberadaan awak yang tidak dikenal, dan menampilkan informasi yang mendukung tentang benda yang ditangkap pada radar. Bentuk lain aplikasi sistem pakar dalam pertahanan adalah pada pesawat tempur. Pesawat tempur memiliki kemampuan yang sangat canggih. Pada persenjataanya dapat mengunci sasaran, rudal secara otomatis akan mengenai sasaran yang telah ditunjuk. Pada sistem keamanan setiap perusahaan juga menerapkan sistem pakar pada kasus otorisasi menggunakan sidik jari, pemindai retina, bahkan suara. Sistem memiliki data pada database, setiap input yang dimasukkanakan dicocokkan pada database apakah user memiliki hak untuk menggunakan sesuatu yang dilindungi oleh alat ini. Alat ini biasanya menggunakan sensor yang canggih. Tetapi kendala yang dihadapi kasus ini adalah kemiripan ciri yang dimiliki seseorang sehingga mungkin saja orang yang memiliki kemiripan akan dapat menggunakan fasilitas yang dilindungi. Kemiripan inilah yang menjadikan kendala pada perkembangan di bidang ini.

Visi dan misi perusahaan/pemerintahannya apa?

Visi : Menjadi suatu negara yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan juga dengan bantuin militer yang disertai teknologi yang canggih.
Misi: Membantu menjaga suatu privasi, melacak target yang diinginkan dan juga meningkatkan kualitas dari kekuatan tempur militer suatu negara.

Teknologi yang digunakan apa?

ARON MK80
Hasil gambar untuk ARON MK80
bentuknya menyerupai pesawat tapi kalau dilihat seperti kapal berbasis trimaran orang tak salah menduga karena landasan diatas air. keberadaannya mengundang perhatian bagi yang melihatnya. Namun itu bukanlah pesawat. Melainkan sebuah wahana terbang yang dikenal dengan Wing in Ground Effect.
ini merupakan perpaduan antara kapal dan pesawat. Tubuhnya terbangun antara hull kapal dan sayap yang tidak biasa. Tidak biasa lantaran sayap ini berbeda dengan sayap pesawat pada umumnya. Ketika meluncur,sayap pada WiG akan menghasilkan efek daya angkat, namun tidak terbang tinggi seperti pesawat pada umumnya. Sementara body alias hull WiG memang terbentuk seperti kapal pada umumnya, sehingga bisa mendarat, melaju dan take off dari air. Sehingga, kapal terbang ini mampu meluncur jauh lebih cepat dibanding kapal biasa. Alhasil, wahana WiG pun tetap diklasifikasikan sebagai kapal bukan pesawat. banyak negara menerapkannya salah satunya adalah jenis ekranoplane milik russia, atau bahkan yang hampir mirip adalah Bavar 2 Milik Iran dan masih banyak negara lain yang menerapkan kapal terbang jenis ini untuk digunakan negaranya.

Iran
Hasil gambar untuk ARON MK80
Rusia
Hasil gambar untuk ARON MK80
pengguna aparat keamanan dan militer, sesungguhnya lebih cocok memilih tipe ARON Mk80 atau MK200. Versi ini mampu mengangkut penumpang lebih banyak yaitu 8 orang. Dengan kecepatan bisa mencapai 250 km/jam, versi ini bahkan juga mampu dipersenjatai dengan Pod senapan mesin berat maupun roket. Cocok untuk misi-misi anti perompak atau menghalau nelayan asing pengguna aparat keamanan dan militer, sesungguhnya lebih cocok memilih tipe ARON Mk80 atau MK200. Versi ini mampu mengangkut penumpang lebih banyak yaitu 8 orang. Dengan kecepatan bisa mencapai 250 km/jam, versi ini bahkan juga mampu dipersenjatai dengan Pod senapan mesin berat maupun roket. Cocok untuk misi-misi anti perompak.
SALAH SATU CONTOH VIDEO PARADE PESAWAT TEMPUR DI RUSIA



Link :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENG. TEKNOLOGI SISTEM CERDAS

SISTEM CERDAS Kecerdasan buatan atau sering disebut juga  (Artificial Intelligent, AI) merupakan cabang yang penting dalam dunia computer.karena system ini diciptakan untuk dimasukan kedalam suatu mesin atau computer. Sistem ini dibuat agar computer dapat berfikir seperti layaknya manusia, system ini juga dibuat agar dapat berperilaku seperti manusia juga mampu bertindak berdasarkan pengalaman, sehingga system ini seolah seperti mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti manusia. TEKNOLOGI SISTEM CERDAS Teknologi system cerdas merupakan gabungan antara teknologi system cerdas, yang mana teknologi merupakan alat untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. Sedangkan system adalah suatu komponen yang berkumpul menjadi satu dan mempunyai tujuan yang sama.  Teknologi sitem cerdas diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia,seperti membuat suatu teknologi yang dapat berfikir, dan mengambil keputusan secara tepat, contohnya seperti robot diciptakan untuk mengu