Langsung ke konten utama

PENG. TEKNOLOGI SISTEM CERDAS


SISTEM CERDAS
Hasil gambar untuk gambar sistem cerdas
Kecerdasan buatan atau sering disebut juga  (Artificial Intelligent, AI) merupakan cabang yang penting dalam dunia computer.karena system ini diciptakan untuk dimasukan kedalam suatu mesin atau computer. Sistem ini dibuat agar computer dapat berfikir seperti layaknya manusia, system ini juga dibuat agar dapat berperilaku seperti manusia juga mampu bertindak berdasarkan pengalaman, sehingga system ini seolah seperti mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti manusia.

TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
Teknologi system cerdas merupakan gabungan antara teknologi system cerdas, yang mana teknologi merupakan alat untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. Sedangkan system adalah suatu komponen yang berkumpul menjadi satu dan mempunyai tujuan yang sama.
 Teknologi sitem cerdas diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia,seperti membuat suatu teknologi yang dapat berfikir, dan mengambil keputusan secara tepat, contohnya seperti robot diciptakan untuk mengurangi kesalahan yang sering dilakukan oleh manusia.

Contoh dari teknologi system cerdas AI adalah: smartphone,computer atau laptop,robot,pengenalan wajah facebook, dll.

SEJARAH TEKNOLOGI SISTEM CERDAS

Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.

Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.


CONTOH PENERAPAN TEKNOLOGI SISTEM CERDAS DIKEHIDUPAN SEHARI-HARI

BARCODE SCANNER
Hasil gambar untuk BARCODE SCANNER
Barcode Scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk consumer good. Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.

ATM

Gambar terkait

ATM dalam bahasa Indonesia adalah Anjungan Tunai Mandiri, dan dalam bahasa Inggris adalah Automated Teller Machineyang diartikan sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank, untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia.


COMMUTER LINE VENDING MACHINE

Gambar terkait

CommuterLine vending machine adalah mesin yang digunakan untuk membeli tiket kereta commuter line dengan menggunakan bantuan komputer. Dengan tampilan touch screen penggunakan vending machine commuter line cukup mudah yaitu dengan cara pilih stasiun yang akan kita tuju, kemudian akan muncul total harga tiket yang harus dibayarkan, lalu masukan uang ada vending machine maka setelah itu tiket kereta commuter line akan keluar.

FINGER PRINT
Gambar terkait
Finger Print, Hampir semua perusahaan yang ada di Indonesia sudah mulai meninggalkan cara lama dan konvensional untuk mengabsen para karyawan. Penggunaan mesin absensi sidik jari dinilai lebih efektif karena bisa memajukan perusahaan. Kelebihan dari finger print/sidik jadi untuk absensi karyawan yaitu pengelolaan nya lebih mudah,mesin ini mampu memudahkan pihak personalia untuk mengolah data sidik jari yang sudah terkumpul karena software dari mesin sudah terhubung dengan komputer sehingga pembuatan laporan bisa dikerjakan dengan cepat serta akurat.dan juga dapat terhindar dari kecurangan serta dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Tetapi adapun kekurangan dalam mengunakan absensi sidik jari ini yaitu terkadang sering terjadi kesalahan dalam proses identifikasi & mesin juga harus mempunyai perawatan yang rutin, kalau mesin terkena basah sudah tidak dapat terdeteksi sidik jadi kita


AUTOMATIC SLIDING DOOR

Hasil gambar untuk automatic sliding door

Automatic Sliding Door atau Pintu Geser Otomatis adalah suatu perangkat yang dapat mendeteksi kehadiran kehadiran manusia atau objek hidup lainnya. Automatic sliding door biasanya sering kita temui di mall, perkantoran, apartemen dan pabrik.
Penggunaan automatic sliding door juga sangat praktis, kita tidak perlu memegang gagang pintu untuk membukanya, kita hanya perlu berjalan menghampirinya maka pintu akan otomatis terbuka dan akan otomatis tertutup kembali.


KESIMPULAN

Kesimpulanya, dalam kehidupan sehari-hari pekerjaan kita tidak jauh dari alatt Sistem Cerdas. Dari 5 contoh diatas membuktikan bahwa sistem cerdas yang berbentuk alat, robot atau mesin digunakan dan dibutuhkan oleh manusia. Dengan begitu pekerjaan manusia akan lebih mudah dan lebih efesien. Dari 3 contoh diatas ada Mesin BARCODE SCANNER,ATM, COMMUTER LINE VENDING MACHINE, FINGER PRINT, dan AUTOMATIC SLIDING DOOR, memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun memiliki peran yang penting untuk membantu pekerjaan manusia.

CONTOH E-COMMERCE


E-commerce (perdagangan elektronik) merupakan kegiatan jual beli barang/jasa atau transimisi dana/data melalui jaringan elektronik, khususnya internet.
Namun kini e-commerce telah mengalami berbagai macam perkembangan, mulai dari fungsi sampai jenis-jenis e-commerce yang berbagai macam. Berikut beberapa contohnya:
      
            1.      Shopee.com
             Gambar terkait
        2.      Alibaba.com
          Gambar terkait
             3.    Bukalapak.com
        Hasil gambar untuk bukalapak WEB
      4.      Pajak Online
         Hasil gambar untuk PAJAK ONLINE WEB
                5.      Rumah123.com
          Gambar terkait
  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KECERDASAN BUATAN DI BIDANG MILITER

Contoh Teknologi Kecerdasan Buatan Perusahaan/Pemerintahan BIDANG MILITER Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika. Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, samp